Cara memutihkan gigi kuning yang membandel Secara Alami

Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

cara memutihkan gigi kuning yang membandel – Memiliki gigi yang putih dan bersih tentu menjadi dambaan semua orang. Gigi yang putih dan bersih mampu meningkatkan rasa percaya diri khususnya saat berhadapan dengan lawan bicara. Bahkan demi mendapatkan gigi yang putih tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan perawatan khusus.

Namun bagi kamu yang ingin memiliki gigi putih dan bersih, cara memutihkan gigi kuning yang membandel secara alami ini bisa menjadi pilihannya.

Penyebab Gigi Kuning

Sebelum mengetahui cara menghilangkan kuning pada gigi agar terlihat lebih putih dan bersih, ada beberapa kebiasaan yang mungkin sering kamu lakukan sehingga warna gigi menjadi lebih kuning atau bahkan terlihat kotor. Berikut beberapa penyebab gigi kuning:

  • Kebiasaan minum teh dan kopi
  • Merokok
  • Malas menggosok gigi khususnya di pagi dan siang hari
  • Mengkonsumsi alkohol
  • Terlalu banyak makan permen
  • Suka minum-minuman berkarbonasi atau minuman bersuplemen
  • Adanya penyakit tertentu

Cara memutihkan gigi kuning yang membandel Secara Alami

Untuk kamu yang ingin memiliki gigi putih dan bersih, maka tak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Cara alami di bawah ini bisa dilakukan secara rutin untuk mendapatkan gigi putih seperti yang diinginkan.

Baca juga: Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat

Berikut Bahan alami untuk memutihkan gigi

1. cara memutihkan gigi dengan baking soda dan jus lemon

Baking soda memiliki butiran bertekstur agak kasar yang dapat mengikis noda yang menempel di gigi. Baking soda bersifat basa yang dapat menetralkan asam di mulut akibat residu makanan dan bakteri. Asam dapat merusak enamel gigi. Selain itu, baking soda akan bertindak sebagai agen penyeimbang asam dari jus lemon, yang berfungsi sebagai pemutih.

Alternatifnya, kamu dapat bergantian menggunakan jus lemon dan air putih sebagai pelarut baking soda tiap beberapa hari sekali untuk menghindari kerusakan gigi.

Bahan yang kamu perlukan:

  • Baking soda, secukupnya
  • Air perasan lemon, secukupnya untuk mengencerkan baking soda
  • Sikat gigi

Caranya?

Campur rata baking soda dengan air perasan lemon hingga terbentuk adonan seperti pasta gigi. Seka gigi kamu dari sisa makanan dan air liur dengan tisu atau kain lap bersih. Letakkan adonan pasta lemon tersebut di atas sikat gigi dan mulailah menyikat gigi, seperti yang biasa kamu lakukan. Diamkan adonan tersebut menempel di gigi selama kurang lebih 1 menit, lalu kumur bersih untuk menghindari kerusakan enamel gigi. Jika kamu menggunakan air dan bukan perasan lemon, pasta bisa didiamkan hingga tiga menit di dalam mulut.

2. Cara memutihkan gigi dengan Stroberi, garam, dan baking soda

Stroberi mengandung vitamin C dosis tinggi, yang berfungsi menghancurkan plak penyebab gigi kuning. Buah merah berbintik ini juga kaya akan enzim asam maleat yang akan melunturkan noda di permukaan gigi. Garam bertindak sebagai scrub yang akan menghancurkan kotoran membandel. Baking soda adalah bahan opsional dalam scrub rumahan ini, yang bisa kamu pakai atau bisa juga tidak, sesuai selera.

Bahan yang kamu perlukan:

  • 1-3 buah stroberi berukuran besar
  • Sejumput garam laut
  • 1/2 sdt baking soda (kalau mau)

Caranya?

Lumatkan stroberi dan tambahkan garam laut (serta baking soda, jika kamu menggunakannya), aduk rata. Seka gigi kamu dari sisa makanan dan air liur dengan tisu atau kain lap bersih. Letakkan adonan pasta stroberi tersebut di atas sikat gigi dan mulailah menyikat gigi, seperti yang biasa kamu lakukan. Diamkan adonan tersebut menempel di gigi selama kurang lebih 5 menit, lalu kumur bersih. Lakukan setiap malam.

3. Cara memutihkan gigi dengan Minyak kelapa

Berkumur dengan minyak kelapa adalah cara unik dan turun temurun yang dipercaya oleh banyak orang dapat memutihkan gigi. Rasanya tidak enak, namun terbukti efektif mengembalikan warna gigi. Memang tidak akan seefektif “Bleaching” yang dilakukan dengan alat khusus atau langsung di dokter gigi, namun senyawa lauric acid yang terkandung dalam minyak kelapa akan membasmi plak dan bakteri penyebab gigi kuning. Minyak kelapa juga akan menjaga kesehatan gusi dan bau mulut tetap segar.

Yang Anda perlukan:

  • 1 sdm minyak kelapa

Caranya?

Pagi hari sebelum kamu menggosok gigi, sendokkan 1 sdm minyak kelapa (atau sebanyak yang kamu butuhkan). kamu dapat melumatnya sampai halus terlebih dulu, atau langsung masukkan utuh ke dalam mulut. Kumur seluruh rongga mulut dan jangkau setiap gigi dengan lidah kamu, gosok perlahan selama 10 – 15 menit, dan buang. Lalu, kumur dengan air putih. Lanjutkan rutinitas menggosok gigi seperti biasa.

Baca Juga: Manfaat air beras untuk wajah dan cara penggunaannya

Kini untuk mendapatkan gigi putih bersih tidak selalu dilakukan dengan perawatan gigi yang mahal. Kamu bisa melakukan cara memutihkan gigi kuning yang membandel secara alami setiap hari dengan cara yang lebih mudah dan murah.